INTRANET

Intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang dibangun berdasarkan teknologi internet yang didalamnya terdapat basis arsitektur berupa aplikasi web dan teknologi komunikasi data. Intranet dapat juga diartikan¬† kumpulan private segment dari jaringan internet umum, yang hanya disediakan intuk orang-orang tretentu yang diberi hak untuk menggunakannya. Intranet juga menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. Protokol ini memungkikan suatu komputer mengirimdan memberi alamat data ke komputer lain sekaligus memastikan pengiriman data sampai tujuan dengan tanpa kurang apa pun. Intranet berkembang pesat di Amerika ‚Äď Netscape (13/11/1995) melaporkan bahwa sebagian besar penjualan server ke perusahaan di amerika di gunakan untuk intranet. Di Indonesia intranet telah digunakan oleh beberapa perusahaan walaupun, terbatas pada perusahaan komputer, dan indstri besar lainnya Kadang-kadang, istilah intranet hanya merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan. Umumnya, sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah “versi pribadi dari jaringan Internet” atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi

Jenis Pemanfaatan Intranet

Penggunaan intranet sebetulnya tergantung dari bentuk organisasi penggunannya. Apakah suatu toko, perusahaan multinasional, suatu instansi perpustakaan atau departemen lainnya. Dengan memahami kerja organisasi tersebut maka mempermudah model disain intranet yang kan digunakan. Hal ini menjadikan intranet benar-benar berdiri secara independen. Hal lain yang membedakan internet dengan intranet adalah dari sisi penggunaannya. Aplikasi dan informasi intranet ditujukan bagi kalangan dalam suatu organisasi itu sendiri sementara informasi di suatu situs internet ditujukan bagi kalangan umum.

Dalam suatu institusi perpustakaan intranet banyak digunakan untuk:

1. OPAC (online public catalouge) atau katalog online yang dapat diakses di seluruh raungan perpustakaan yang terhubung dengan jaringan

2.memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengguna, contoh jurnal kedokteran   online medica hanya bisa di akses di perpustakaan kedokteran.

3. informasi sistem service, dll

4. Sistem sirkulasi online

Komponen Pembentuk Intranet

Untuk membangun sebuah intranet, maka sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa komponen yang membangun Internet, yakni Komponen pembentuk intranet pada dasarnya sama dengan komponen pembentuk internet, seperti:

1.aplikasi browser ( internet exploler, opra, mozilla firefox, netscape)

2.komputer server

3.perangkat jaringan

4.protokol Internet (Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakanbahasa pemrograman (html, php, mysql , dll)

5.komputer client

6.perangkat bantu pengembang

Keamanan Intranet

Untuk mengatasi hal yang tak diinginka berkaitan dengan keberadaan beberapa aplikasi yang hanya boleh diketahui orang-orang tertentu, maka dapat digunakan beberapa cara seperti dijelaskan berikut ini:

  1. Publik Key Security, digunakan untuk menghalangi akses yang tidak berhak memasuki private intranet
  2. Firewall, sebuah perangkat lunak dan atau keras untuk mengatur akses masuk dan keluar dari jaringan sebuah perusahaan, yang juga dikenal dengan sebutan Border Protection Device (BPD).
  3. Assured Pipeline, suatu perusahaan menggunakan assured pipeline ini untuk keamanan tinggi, memeriksa permintaan akan data kemudian menentukan apakah permintaan itu valid atau tidak.

Keuntungan Penggunaan Intranet

Keuntungan yang kita perolah diantaranya sebagai berikut:

-          Meningkatkan produktivitas tenaga keja

membantu pegawai suatu organisasi untuk mencari atau menampilkan informasi/aplikasi yang berhubungan dengan pekerjaan maupun tanggungjawabnya di organisasi tersebut.

-          Waktu

perusaahaan menyediakan informasi dengan basis ‚Äúpull‚ÄĚ, dapat menyajikan informasi pada waktu yang tepat yaitu ketika dibutuhkan

-          Komunikasi

Intranet dapat bertindak sebagai tools yang sangat powerfull untuk melakukan komunikasi di dalam organisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>