PERAN BAHASA INDONESIA DALAM KOMUNIKASI

Pada saat ini, jati diri bahasa¬† Indonesia sebagai bahasa nasional¬† dan bahasa persatuan harus selalu dibina dan dikembangkan agar masyarakat Indonesia selalu bersikap positif terhadap bahasa Indonesia. Dalam berkomunikasi¬† lisan maupun tulis, ¬†¬†ungkapan ‚ÄĚ pergunakanlah bahasa Indonesia dengan baik dan benar‚ÄĚ selalu dikaitkan dengan sikap positif terhadap bahasa Indonesia.

Penggunaan  bahasa Indonesia yang baik mengutamakan pada aspek komunikatif bahasa. Bahasa yang baik apabila komunikan dan komunikator dapat saling memahami dan ragam bahasa yang dipakai pun sesuai dengan situasi pada waktu bahasa itu dipakai. Bahasa Indonesia yang benar merupakan bahasa yang sesuai dengan kaidah-kaidah bahasa Indonesia. Perhatikanlah perbandingan di bawah ini.

Bahasa Indonesia yang Benar Bahasa Indonesia yang Baik
Sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia Sesuai dengan situasi penggunaan
Menekankan aspek kaidah bahasa Menekankan aspek komunikatif bahasa
Memperhatikan tata bahasa, tanda baca, ejaan, pilihan kata, dan tata bunyi Memperhatikan penutur dan petutur (usia, status sosial, pendidikan, lingkungan sosial,dsb.)
Bahasa yang benar belum tentu baik Bahasa yang baik belum tentu benar

 

Dalam berkomunikasi, pemakai bahasa Indonesia cukup banyak yang mengunakan peristilahan asing khususnya bahasa Inggris. Hal ini merupakan dampak dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Berdasarkan politik bahasa Indonesia bahwa bahasa asing dapat diserap ke dalam bahasa Indonesia apabila kata tersebut tidak ada padanannya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah atau pun bahasa yang serumpun dengan bahasa Indonesia. Penyerapan kosakata bahasa Inggris ini tentu akan memperkaya perbendaharaan kosakata bahasa Indonesia. Namun, penyerapan ini berdampak pada pola pikir masyarakat yang menganggap istilah asing lebih bergengsi dibandingkan dengan bahasa Indonesia. Hal inilah merupakan permasalahan yang muncul dalam berkomunikasi dengan bercampur kode, beralih kode, maupun terjadinya interferensi dalam bahasa Inggris.

Bahasa Inggris juga mulai dipakai sebagai bahasa pengantar pada sekolah berstandar internasional. Berkaitan dengan hal tersebut, Departemen Pendidikan Nasional  tetap menempatkan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam pembelajaran mata pelajaran di sekolah, sedangkan bahasa Inggris hanya dipakai untuk mata pelajaran yang terkait dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dalam kehidupan di era informasi sekarang ini,  pemakai bahasa sudah terbiasa dengan telepon, internet, facsimile, dsb. yang berdampak pada penggunaan bahasa Indonesia yang kurang sesuai dengan kaidah dan kesantunan berbahasa. Oleh karena itu, semua pihak harus berupaya untuk memantapkan peran bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi lisan dan tulis.

 

.

 

 

 

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>