BAGIAN DARI SISTEM KOMPUTER

BAGIAN DARI SISTEM KOMPUTER

Komputer dan sistem komputer adalah dua hal yang berbeda. Kata komputer merujuk pada perangkat elektronik yang telanjang, yang memiliki daya komputasi, menggunakan yang berbagai operasi dilakukan, sedangkan sistem komputer merujuk kepada sekelompok item, yang menempatkan bersama-sama membuat aplikasi komputerisasi mungkin. Sistem komputer terdiri dari lima bagian utama berikut:

1. Hardware (perangkat keras)

2.Software( Perangkat Lunak )

3. Firmware

4. Data

5. Pengguna

 

penjelasan rinci tetang semua bagian dari sistem komputer diberikan di bawah ini:

1)        Hardware(perangkat keras)

 

Bagian fisik dari sistem komputer disebut sebagai perangkat keras. Semua barang-barang elektronik dan mekanik yang merupakan sistem komputer jatuh ke dalam kategori hardware. Misalnya, keyboard, mouse, monitor, printer, prosesor dll adalah hardware. Kekuatan dan kemampuan dari perangkat keras, secara langsung mengatur kekuatan sistem komputer. Sebagai contoh, lebih lemah adalah perangkat keras dari PC dibandingkan dengan superkomputer sehingga lebih tinggi-end aplikasi seperti aero pemodelan, peramalan cuaca dll tidak dapat dilakukan di atasnya. Di sisi lain, semua aplikasi ini menjadi mungkin pada hardware superkomputer karena mereka dibangun menggunakan elektronik yang paling kuat.

2)        Software(perangkat lunak)

 

Perangkat keras komputer pada dasarnya adalah peralatan yang bodoh. Meskipun memiliki daya komputasi tetapi tidak dapat menghitung sendiri. Hal ini membutuhkan langkah-demi-langkah instruksi untuk komputasi. Tanpa instruksi tidak bisa menghitung. Setiap instruksi, yang baik membuat hardware melakukan tugas atau siap untuk melakukan tugas, yang disebut perangkat lunak. Misalnya, hanya dengan beralih pada komputer dan menekan tombol keyboard, komputer tidak akan menerima data. Sebelum itu, akan membutuhkan set instruksi, yang akan bersiap perangkat keras internal, untuk menerima data. Jadi semua instruksi akan disebut perangkat lunak. Demikian pula setelah mengaktifkan komputer, satu set instruksi dapat diberikan kepada:

€       Menerima data siswa

€        Proses data

€       Hasilkan lembar hasil untuk setiap siswa dan mempersiapkan daftar prestasi.

 

Ini set instruksi juga perangkat lunak. Sekarang hanya membandingkan hasil yang dicapai oleh dua set instruksi yang berbeda, yang disebutkan di atas. Satu set instruksi melakukan beberapa fungsi, secara internal di dalam komputer dan satu set instruksi melakukan tindakan nyata eksternal. (Seperti pencetakan lembar tanda, jasa daftar dll). Jadi berdasarkan tugas yang dilakukan oleh perangkat lunak, software secara luas diklasifikasikan ke dalam dua kategori berikut:

€       Perangkat Lunak Sistem

€       Aplikasi Software

 

a)        Perangkat Lunak Sistem
 

Semua instruksi, yang menggunakan komputer baik untuk aktivasi atau manajemen sumber daya internal yang disebut perangkat lunak sistem. Sebagai contoh, perangkat lunak yang akan mentransfer data / instruksi dari keyboard ke memori komputer akan menjadi perangkat lunak sistem. Demikian pula perangkat lunak yang akan membuat prosesor berjalan dan melakukan perhitungan atau mencetak hasil perhitungan pada printer / monitor juga akan jatuh ke dalam kategori perangkat lunak sistem. Berikut ini adalah nama-nama software beberapa sistem, yang pada dasarnya diperlukan untuk fungsi normal dari sistem komputer.

Sistem Operasi: Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem pertama dan terpenting yang diperlukan untuk setiap sistem komputer untuk menjadi operasional. Untuk setiap sistem komputer untuk menjadi operasional, hal mengaktifkan semua perangkat nya, komponen dan sumber daya dan membuat mereka siap untuk bekerja. Ia melakukan semua fungsi manajemen internal dan memastikan fungsi sistematis komputer.

Perintah: Semua instruksi, menggunakan yang sehari-hari tugas rumah tangga dilakukan pada komputer, juga jatuh ke dalam kategori perangkat lunak sistem. Sebagai contoh, perintah untuk menyimpan data dalam file, melihat isi disimpan dalam file, membuat salinan duplikat penggantian nama, file file dll semua perangkat lunak sistem.

Utilitas: Semua software, yang menjaga komputer dan sumber dayanya dari bahaya atau menjamin berfungsinya atau membangun sebuah lingkungan kerja yang efisien disebut utilitas. Utilitas pada dasarnya perangkat lunak sistem. Sebagai contoh, utilitas kompresi data, virus utilitas perlindungan, fragmentasi disk utilitas dll adalah perangkat lunak sistem.

Device Drivers: Itu perangkat lunak, yang ditulis dengan tujuan membuat perangkat fungsional apabila terhubung ke komputer, disebut device driver. Sebagai contoh, perangkat driver untuk kamera web, device driver untuk pena cahaya, device driver untuk printer dll adalah contoh dari perangkat lunak sistem.

 

 

b)        Aplikasi  Software

 

Instruksi tersebut, yang diberikan kepada komputer untuk mengotomatisasi tugas manual, yang disebut perangkat lunak aplikasi. Sebagai contoh, instruksi untuk menambahkan dua matriks, menemukan jumlah Progresi geometris tertentu (GP) seri, menghitung pajak penghasilan untuk semua karyawan dari sebuah organisasi, pemesanan tiket udara dll adalah contoh dari perangkat lunak aplikasi.

Aplikasi perangkat lunak adalah baik dikembangkan dengan menggunakan paket-paket khusus atau bahasa komputer khusus yang dikembangkan untuk tujuan ini. Paket pengembangan perangkat lunak khusus seperti MS-Office, CorelDraw, Photoshop, Flash, 3-D Studio Max dll adalah paket yang dikembangkan untuk mengotomatisasi tugas jenis tertentu. Sebagai contoh, MS-Office paket telah dikembangkan untuk mengotomatisasi kegiatan kantor (seperti menulis surat, pembuatan laporan dan grafik, membuat presentasi, penanganan query, dll) Demikian pula CorelDraw adalah sebuah paket, menggunakan meja kerja penerbitan yang dilakukan atas pada komputer. Flash digunakan untuk membuat animasi di komputer. Photoshop digunakan untuk tugas mengedit foto dan 3-D Studio Max digunakan untuk crating presentasi. Ada banyak kegiatan, yang baik tidak jatuh dalam lingkup siap pakai perangkat lunak atau untuk kegiatan seperti membangun perangkat lunak kustom-perlu dikembangkan. Custom-membangun perangkat lunak dikembangkan, dengan menggunakan bahasa komputer seperti Visual Basic, C + +, Java dll Sebagai contoh, ada mungkin tidak ada paket siap pakai tersedia untuk komputerisasi membayar kegiatan pengelolaan organisasi. Dalam kasus ini, sebuah custom built membayar paket gulungan harus dikembangkan, bagi organisasi. Paket ini dan banyak lainnya dari jenis ini jatuh ke dalam kategori perangkat lunak aplikasi.

3)        Firmware

 

Perangkat lunak yang dibangun ke dalam hardware disebut firmware. Sebagai contoh, dalam sistem komputer, beberapa instruksi khusus yang disebut instruksi bootstrap (perangkat lunak) yang ditulis (dengan bantuan perangkat khusus) dalam sebuah chip elektronik (hardware) disebut Read Only Memory (ROM) dan chip ini terintegrasi dengan elektronik dari sistem komputer. Perangkat lunak ini pada dasarnya membaca sistem operasi, beban ke dalam memori komputer dan membuat perangkat keras fungsional. Perhatikan bahwa program bootstrap adalah contoh dari firmware karena selalu berada dalam chip elektronik.

4)        Data

 

Fakta baku dan angka ini disebut sebagai data. Sebagai contoh, nomor roll, nama, alamat dan tanda semua siswa belajar di kelas adalah data. Data selalu memiliki beberapa elemen kejutan (fakta tersembunyi) yang terkait dengan itu. Seringkali (khususnya ketika data volume besar) ini elemen kejutan tetap unnoticeable orang yang melihat data. Dengan demikian, data yang tidak membawa makna baginya. Data bekerja sebagai bahan baku untuk sistem komputer. Sistem komputer proses data dan memunculkan elemen kejutan tersembunyi di dalamnya. Misalnya, setelah pengolahan data siswa daftar prestasi dapat dibuat, menunjukkan jumlah roll, nama dan tanda 10 rankers atas. Daftar ini merupakan surprise elemen, yang telah membawa keluar fakta tersembunyi yang mahasiswa tersebut beredar. Perhatikan bahwa rincian siswa ini sudah ada dalam data tetapi unnoticeable ke penampil. Pengolahan telah membawa mereka keluar dan fokus perhatian pemirsa pada mereka. Perhatikan bahwa elemen kejutan membantu dalam pengambilan keputusan. Misalnya, tiga mahasiswa harus diberikan beasiswa sebesar Rs. 25.000, Rs. 15.000 dan Rs. 5.000. Dalam situasi ini, kejutan elemen (merit daftar dalam contoh ini) akan sangat membantu dalam memutuskan, siapa yang harus diberikan jumlah apa. Hal ini cukup jelas bahwa dalam ketiadaan unsur kejutan, kemungkinan itu terang bahwa keputusan itu akan salah.Top of Form Dalam terminologi komputer, data diproses disebut informasi dan informasi selalu berguna untuk pengambilan keputusan. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa komputer memproses data dan mengubahnya menjadi informasi untuk pengambilan keputusan.

 

5)        Pengguna

 

Orang yang menggunakan komputer disebut pengguna. Tidak ada sistem komputer yang lengkap, tanpa pengguna. Dari awal hingga akhir proses otomatisasi, mereka membutuhkan campur tangan pengguna.

 

 

Pengguna dapat secara luas diklasifikasikan menjadi dua kategori berikut:

1. Programmer

2. Pengguna akhir

Programmer adalah pengguna, yang menggunakan komputer untuk menulis program. Orang programmer yang menulis program sistem (perangkat lunak sistem) disebut programmer sistem dan mereka yang mengembangkan program aplikasi disebut programer aplikasi.

Pengguna akhir adalah orang-orang, yang memanfaatkan perangkat keras komputer, perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi untuk beberapa tujuan tertentu, di mana perangkat lunak aplikasi dirancang. Sebagai contoh, panitera reservasi kereta api, duduk di meja pemesanan dan melakukan reservasi untuk penumpang adalah pengguna akhir dari paket pemesanan kereta api. Demikian pula akan ada pengguna akhir paket aplikasi lain.

PROGRAM KOMPUTER

 

Meskipun berbagai tugas dapat dilakukan melalui komputer tapi komputer yang perangkat bodoh, tidak melakukan apapun sendiri. Semoga mereka operasi internal atau tugas pengguna, itu membutuhkan langkah-demi-langkah instruksi untuk membawa mereka keluar. Tanpa instruksi komputer tidak bekerja. Set instruksi yang diberikan ke komputer untuk melakukan tugas tertentu disebut program atau program komputer. Misalnya, set instruksi 10 berikan kepada komputer untuk mengidentifikasi dan mencetak jumlah terbesar di antara 20 nomor yang diberikan akan program. Demikian pula semua instruksi, menggunakan tempat berlabuh yang disediakan untuk penumpang di kereta akan program lain. Demikian juga Anda memiliki program untuk setiap tugas yang komputer tidak. Tanpa program komputer tidak berguna. Program ditulis dalam bahasa komputer. Sebagai contoh, C, C + +, Visual Basic, Java dll bahasa beberapa komputer populer yang umum digunakan untuk menulis program. Program-program yang ditulis untuk melaksanakan tugas-tugas internal komputer seperti mentransfer data dari keyboard ke memori, dari memori ke prosesor atau untuk memantau dll disebut program sistem. Program yang ditulis untuk komputerisasi kegiatan manual seperti menemukan akar persamaan kuadrat, faktur mempersiapkan, reservasi kereta api, manajemen rumah sakit dll disebut program aplikasi. Jika tugas yang akan otomatis lebih besar, lebih dari satu program mungkin diperlukan untuk mengotomatisasi kegiatan lengkap. Set semua program-program yang sering disebut sebagai paket atau perangkat lunak paket. Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa paket perangkat lunak adalah kelompok program-program terkait yang menempatkan bersama-sama melakukan tugas yang diberikan yang umumnya besar di alam. Misalnya, kereta api pemesanan paket, rumah sakit manajemen paket, paket penggajian dll.

 

One thought on “BAGIAN DARI SISTEM KOMPUTER

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>