Tipe Komputer

Tipe Komputer

Komputer digital dapat diklasifikasikan kedalam berbagai kategori, dasar pengklasifikasian tersebut adalah dari ukuran yang mereka miliki. Ketika membicarakan ukuran dari sebuah komputer, kita akan mengacu pada beberapa faktor seperti uakuran memori, jumlah terminal yang sapat dihubungkan ke komputer, kapasitas penyimpanan hard disk, tipe prosesor yang digunakn dalam komputer, dan lain-lain. Komputer digital pada umumnya diklasifikasikan dalam kategori:

  1. Mikrokomputer

Mikrokomputer merupakan komputer yang ukurannya paling kecil dibanding tipe-tipe yang lain. di mana microchip tunggal digunakan untuk
dua unit dasar yaitu ALU dan Control Unit. Microchip ini sering disebut sebagai
mikroprosesor. Mikrokomputer diklasifikasikan lebih lanjut ke kategori berikut:

  1. Personal komputer

Personal komputer adalah kamputer yang biasa anda temui setiap hari. Komputer ini merupakan mikrokomputer yang terdiri atas beberapa komponen penting seperti CPU, keyboard, VDU dan mouse. Personal komputer hanya biasa dioperasikan oleh satu orang dalam satu waktu, jadi itulah mengapa disebut PC atau Personal komputer. Pada awalnya, PC diransang oleh IBM dan ketika sudah popular produser lain memproduksinya dengan nama IBM klon.

 

  1. Laptop

Laptop juga termasuk dalam mikrokomputer. Laptop memiliki kapasitas yang sama dengan PC. Apabila dilihat dari luar, laptop berbentuk seperti tas kerja. Laptop memilki komponen meliputi Panel Upper koper terdiri dari layar LCD, Panel Bawah
berisi pengaturan keyboard dan mouse. Laptop di desain agar meniliki berat yang relative ringan agar bisa dibawa ketika berpergian menggunakan mobil, berada di kereta api, atau bahkan saat berada di bandara.

 

  1. Tablet PC

Tablet PC merupakan perkembangan terbaru dibidang komputer, perhatikan bahwa Tablet PC terlihat seperti laptop dengan perangkat tambahan yang lebih banyak dan fasilitas tambahan di dalam ruang yang sama. Tampilan sistem Tablet PC, rotasi vertikal dengan 1800. Ketika diputar, itu mulai menerima masukan melalui pena cahaya khusus, disebut pena cahaya. Apapun yang tertulis di layar Tablet PC, dengan pena, dalam tulisan tangan alami, diambil sebagai masukan. Jadi penulis tidak perlu menulis artikel mereka di atas kertas dan kemudian memberikannya kepada pengetik untuk mendapatkan salinan diformat nya. Mereka langsung dapat menulis teks pada Tablet PC layar, menggunakan pena cahaya. Tablet PC akan mengenali tulisan tangan mereka dan menyimpan dokumen dalam format standar, dalam font yang diinginkan, seolah-olah pengetik diketik di komputer.

 

 

  1. Personal Digital Assistant (PDA)

PDA merupakan komputer yang sangat kecil yang bisa digunakan cocok dengan besar telapak tangan. PDA sering disebut juga kalkulator ilmiah. Alasan PDA disebut palmtop, ini biasa digunakan untuk menyimpan alamat, nomor telepon, mencatat janji dan lain-lain. PDA jiga dapat terhubung ke komputer lain melalui kabel atau nirkabel link untuk pertukaran data dan informasi.

 

  1. Mini komputer
    mini komputer relative lebih besar dan juga lebih cepat.selain selain dari lingkungan pengguna tunggal, Mini komputer juga mendukung multi lingkungan pengguna. Mini komputer umumnya digunakan untuk megotomatisasi aplikasi yang memiliki ukuran besar, membutuhkan kemampuan pengolahan dengan cepat dan permintaan untuk berbagai sumber daya antara beberapa pengguna.

Karakteristik utama dari Mini Komputer adalah:

  1. Mereka dibangun, menggunakan prosesor kinerja tinggi dan kemampuan tinggi. Ukuran memori jenis seperti komputer umumnya sangat besar.
  2. Mereka mendukung banyak terminal, yang dapat berkisar 2-16.
  3. Disk kapasitas besar digunakan dalam beberapa nomor sehingga data dan program
    semua pengguna dapat diletakkan secara on-line.
  4. Mereka menyediakan fasilitas untuk menghubungkan beberapa printer.
  5. Mereka memiliki kemampuan melakukan jaringan komputer terkait utama
    operasi. 

 

  1. Mainframe komputer
    Mainframe jatuh ke kategori berrikutnya yang lebih tinggi dari koputer sebelumnya. Internal Mainframe komputer memiliki arsitektur dan sirkuit tetap, berbeda dengan Mini komputer. Mainframe komputer menggunakan rancangan ekslusif yang dirancang khusus sirkuit bukan hanya mikroprosesor tunggal sebagai CPU mereka. Serkuit Mainframe komputer memiliki konektivitas yang tinggi, lebih cepat dan memiliki kemampuan pemrosesan yang besar. Karena sirkuit yang besar ini, mainframe menjadi sangat besar dalm ukuran dan memiliki fasilitas untuk menghubungkan minikomputer dan makrokomputer dengan mainframe.

Karakteristik dari mainframe sendiri adalah:

  1. Mereka memiliki kemampuan pengalamatan memori lebih besar
    ukuran dibandingkan minicomputer.
  2. Mereka juga mendukung disk kapasitas yang lebih besar seperti disk optik.
  3. Konektivitas terminal mereka dapat pergi setinggi 256 atau
    lebih.
  4. Mereka memiliki sejumlah perpustakaan aplikasi besar yang memberikan bantuan besar untuk pengembangan aplikasi yang berguna.
  5. Superkomputer

Supercomputer adalah kategori terbesar dari komputer. Mereka menggunakan beberapa CPU untuk mengolah data dan melaksanakan instruksi. Saat melaksanakan tugas melalui superkomputer, tugas lengkap akan di bagi menjadi beberapa independen. Setiap CPU mengambiltugas individu dan mengerjakannya secara pararel. Metodologi seperti ini disebut pengolahan pararel. Karena pemrosesan pararel, superkomputer mampu memroses data dengan volume yang besar dengan cepat. Aplikasi seperti ramalan cuaca, desian senjata nuklir, sistem proyeksi pemodelan, pemodelan aero, dan lain-lai, membutuhkan kemampuan pemrosesan yang luar biasa, semua itu bisa dijalankan dengan baik oleh superkomputer. CRAY,
XMP 24 dan NEC 500 adalah contoh beberapa Superkomputer.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>