CABANG-CABANG ILMU KOMPUTER

Komputer Teknologi dan Informasi

Cabang-cabang Ilmu Komputer

 

 

 

 

 

Disusun Oleh :

Anisa Jatus .A (10305144017)

Aryani Dewi .A (10305144035)


Cabang-cabang Ilmu Komputer

  1. A.     Ilmu Komputer

        Dalam makalah ini kami akan menyampaikan beberapa definisi ilmu komputer dari berbagai sumber.

  1. Edsger Dijkstra, mengatakan :

Ilmu komputer bukan tentang komputer sebagaimana astronomi bukan tentang teleskop.

  1. Menurut CSAB (Commputing Sciences Accreditation Board) :

Ilmu Komputer adaalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan komputer dan komputasi. Di dalamnya terdapat teoritika, eksperimen,, dan pendesainan komponen, serta termasuk didalamnya hal-hal yang berhubungan dengan: Teori-teori untuk memahami komputer device, program, dan sistem,Eksperimen untuk pengembangan dan pengetesan konsep, Metodologi desain, algoritma, dan tool untuk merealisasikannya, Metode analisa untuk melakukan pembuuktian bahwa realisasi sudah sesuai denngan requirement yang diminta.

  1. Menurut Denning :

ilmu Komputer adalah studi sistematik tentang proses algoritmik yang menjelaskan dan mentrasformasikan informasi, baik itu berhubungan dengan teori-teori, analisa,desain, efisiensi, implementasi, ataupun aplikasi-aplikasi yang ada padanya.

  1. Secara Umum :

Ilmu Komputer adalah ilmu pengetahuan yang berisi tentang teori, metodologi, desain dan implementasi, berhubungan dengan komputasi, komputer, dan algoritmanya dalam perspektif perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware).

  1. B.     Penjelasan dari masing-masing cabang
    1. Matematika Komputasi

Matematika Komputasi adalah matematika yang menggunakan komputasi khususnya dengan komputer untuk menyelesaikan permasalahan matematika.

  1. Keamanan internet

Keamanan internet adalah kegiatan untuk melindungi dan memelihara sumber-sumber (resources) dan informasi pribadi di internet. Pada saat komputer terhubung dalam jaringan dan mulai saling berkomunikasi, maka akan mulai beresiko. Keamanan internet meliputi : perlindungan terhadap akun (account) dan file internet dalam sebuah komputer terhadap intrusi (gangguan) pengguna asing. Contoh yang sederhana adalah memilih password yang baik, mengubah file permission dan mem-back up data komputer.

  1. Data Warehouse

Data warehouse merupakan suatu sistem yang mengkonsolidasikan data secara periodik dari sistem-sistem yang ada, ke dalam suatu penyimpanan dimensional. Pada umumnya, data warehouse menyimpan data histori beberapa tahun dan di-quey untuk keperluan business intelligence atau aktifitas analisis lainnya. Data warehouse mengumpulkan data historis yang kemudian dapat disajiikan sebagai bahan komprehensif bagi manajemen untuk dapat mengambil keputusan, analisis kebutuhan organiasi, hingga peramalan kondisi organisasi berdasar data.

  1. Mobile Computing

Mobile computing adalah menggunakan peralatan komputer yang bergerak. Mobile Computing selalu berarti trasmisi tanpa kabel (wireless) tetapi tidak sebaliknya, transmisi wireless tidak selalu berarti mobile computing.

  1. Algoritma

Dalam menyelesaikan masalah dengan bantuan komputer, langkah pertama yang  dilakukan adalah membuat desain (rancangan). Desain menyajikan cara berfikir pemrogram dalam menyelesaikan masalah. Desain ini berisi urutan langkah-langkah pencapaian solusi yang ditulis dalam notasi-notasi deskriptif. Urutan langkah-langkah yang sistematis untuk menyelesaikan masalah dinamakan ALGORITMA. Langkah-langkah dalam Algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar.

  1. Practical considerations

Contoh        :

  • Sebuah algoritma tidak cukup hanya benar dan reliable, tetapi juga harus akurat dan cukup efisien. Sebuah algoritma numerik yang mengakumulasi kesalahan yang terlalu besar terhadap pembulatan mungkin kurang akurat hasilnya.
  • Sebuah algoritma yang memerlukan terlalu banyak iterasi mungkin akan menyebabkan penggunaan memori & penyimpanan yang terlalu besar.
  • Pembuatan kode program (menganalisa statemen program yang paling sering dijalankan) dan teknik untuk membuat kode yang lebih efisien dalam kasus tertentu. Dalam hal ini juga perlu diingat bahwa suatu algoritma yang efisien dalam satu masalah menjadi kurang efisien untuk masalah yang lain, sehingga memerlukan algoritma lain pula yang lebih efisien.
  1. Pemrograman Komputer

Pemrograman Komputer adalah kumpulan instruksi-instruksi tersendiri yang biasanya disebut source code yang dibuat oleh programmer (pembuat program), dalam sebuah bahasa pemrograman.

Compiler

Compiler atau interpreter bisa diibaratkan sebagai suatu kamus yang berfungsi untuk menterjemahkan bahasa pemrograman yang ditulis oleh programmer kedalam bahasa mesin agar komputer bisa bekerja sesuai dengan ketentuan program yang ditulis. Bahasa mesin merupakan suatu bahasa yang dikenal oleh komputer ketentuan program yang ditulis. Bahasa mesin merupakan suatu bahasa yang dikenal oleh komputer

  1. Interaksi Manusia

Interaksi manusia dengan komputer (Human-Computer Interaction) Menyediakan cara untuk komunikasi antara komputer dengan manusia. Contoh: pengembangan input & output tiga dimensi, tulisan tangan & pengenalan suara.

  1. Sistem Operasi (Operating Systems )

adalah suatu software sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen hardware serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web .

10.  System programming

System programming adalah aktifitas dari perangkat lunak pemrograman sistem. Karakteristik dari pemrograman system ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat lunak yang menyediakan layanan kepada user (misalnya word processor),perangkat keras (misalnya disk defragmenter).

11.  CRM

  1. CRM adalah sebuah istilah industri TI untuk metodologi, strategi, perangkat lunak (software) dan atau aplikasi berbasis web lainnya yang mampu membantu sebuah perusahaan (enterprise, kalau besar ukurannya) untuk mengelola hubungannya dengan para pelanggan .
  2. CRM adalah usaha sebuah perusahaan untuk berkonsentrasi menjaga pelanggan(supaya tidak lari ke pesaing) dengan mengumpulkan segala bentuk interaksi pelanggan baik itu lewat telepon, email, masukan di situs atau hasil pembicaraandengan staf sales dan marketing.
  3. CRM adalah sebuah strategi bisnis menyeluruh dari suatu perusahaan yangmemungkinkan perusahaan tersebut secara efektif bisa mengelola hubungandengan para pelanggan

12.  Sistem Informasi Geografis

SIG merupakan pengelolaan data geografis yang didasarkan pada kerja computer (mesin).

13.  SistemInformasiManajemen

Definisi sebuah sistem informasi manajemen, istilah yang umum dikenal orang adalah sebuah sistem manusia/mesin yang terpadu (intregated) untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Sistem ini menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) komputer, prosedur pedoman, model manajemen dan keputusan, dan sebuah ‚Äúdata base‚ÄĚ.

14.  Object-oriented programming (OOP)

OOP adalah Pemrograman berorientasi objek. Pemrograman ini mempertinggi kualitas dan produktifitas pengembangan software. Program pengembangannya dilakukan dengan pendekatan building block. Setiap block, disebut object, bersifat independen dan mampu berjalan sendiri atau saling kunci dengan object lain dengan mudah dan otomatis.dan mampu berjalan sendiri atau saling kunci dengan object lain dengan mudah dan otomatis.

15.  Enterprise Resource Planning (ERP)

Sistem ERP adalah sebuah terminologi yang diberikan kepada sistem informasi terintegrasi yang mendukung transaksi atau operasi sehari-haridalam pengelolaan sumber daya perusahaan. Sumber daya tersebut meliputidana, manusia, mesin, suku cadang, waktu, material dan kapasitas.

16.  Jaringan komputer

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:

  1. Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer , CPU , memori , harddisk .
  2. Komunikasi: contohnya surat elektronik , instant messaging , chatting .
  3. Akses informasi: contohnya web browsing.
  4. Ad-hoc Networks

Jaringan ad hoc biasanya terkait dengan perangkat nirkabel. Bila sambungan sudah dibuat di antara dua atau lebih komputer tanpa dasar stasiun, mereka telah membentuk jaringan ad hoc. Ad hoc yang masih memegang definisi, dalam hal ini karena sambungan tidak tetap tetapi telah dibentuk sementara untuk memenuhi kebutuhan tertentu.

18.  Database management system (DBMS)

Adalah suatu sistem atau perangkat lunak (software) yang dirancang untuk mengelola suatu basis data dan menjalankan operasi terhadap data yang banyak di minta user.

19.  Artificial Intelligent

Definisi AI : merupakan proses di mana peralatan mekanik dapat melaksanakan kejadian-kejadian dengan menggunakan pemikiran atau kecerdasan seperti manusia.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>