GENERASI KOMPUTER

GENERASI KOMPUTER

Komputer menjadi perangkat elektronik, ukuran, kemampuan dan kekuatannya setiap saat dapat berubah. Hal itu sangat dipengaruhi oleh perkembangan elektronik negara yang ada waktu itu dan dari waktu ke waktu. Jika komponen elektronik dan perangkat berukuran besar, lambat dan tidak dapat diandalkan maka komputer pada waktu itu juga besar, lambat dan tidak dapat diandalkan. Tetapi dari perkembangan elektronik, elektronik berkembang menjadi cepat, handal dan komponen elektronik yang lebih kecil sehingga juga membuat komputer kecil, handal dan cepat dalam operasi. Komputer era elektronik tertentu sering disebut sebagai generasi. Generasi komputer sampai sekarang talah sampai pada komputer generasi kelima. Generasi-generasi komputer itu anata lain :

  • Komputer Generasi Pertama (1942-1955)

Komputer generasi pertama terbuat dari tabung hampa udara. Tabung hampa udara sebagai penguat sinyal. Pada awalnya, tabung hampa udara (vacum-tube) digunakan sebagai komponen penguat sinyal. Bahan bakunya terdiri dari kaca, sehingga banyak memiliki kelemahan.

Kelemahan utama dari komputer generasi pertama:

  1. Ukuran sangat besar.
  2. Kecepatan penyelesaian instruksi sangat lambat.
  3. Komputer cepat panas saat digunakan.
  4. Switching melalui tabung hampa udara tidak dapat diandalkan
  5. Penyejuk udara sulit bila diperlukan.
  6. Hanya ilmuwan dan insinyur yang mampu menggunakan komputer dan itu juga di daerah yang terbatas karena biaya tinggi.
  7. Mereka membutuhkan pemeliharaan yang konstan, yang sangat mahal.
  8. Menggunakan tingkat mesin bahasa rendah yaitu bahasa program ditulis langsung dalam digit biner, yang sangat rumit.

Beberapa komputer generasi pertama adalah ENIAC, EDSAC dan UNIVAC I dll

  • Komputer¬† Generasi Kedua (1955-1964)

Transistor diciptakan lebih kecil dan lebih handal dari tabung hampa udara. Meskipun Transistor ditemukan pada tahun 1948, yang aplikasi di komputer mulai pada tahun 1958, tapi Transistor lebih dapat diandalkan, karena kelebihan yang dimiliki, yaitu :

  1. Harga lebih murah
  2. Transistor berukuran lebih kecil dari tabung hampa udara terkecil.
  3. Menghasilkan panas jauh lebih sedikit.

Transistor juga disebut perangkat solid-state. Ini terbuat dari bahan yang utama bagian adalah elemen silikon. Hal ini juga disebut perangkat semikonduktor. Ia melakukan semua fungsi dari sebuah tabung vakum yaitu sirkuit switch on dan off pada kecepatan yang sangat tinggi. Generasi kedua komputer dibuat menggunakan transistor. Selain dari keuntungan yang tercantum di atas, komputer generasi kedua digunakan lebih baik perangkat seperti pembaca kartu, printer, dll Generasi ini juga penting untuk perkembangan bahasa dan penggunaan. Komputer generasi pertama menggunakangunakan tingkat mesin bahasa rendah yaitu bahasa program ditulis langsung dalam digit biner, yang sangat rumit. Kemudian pengembangan Bahasa Majelis membantu programer sampai batas tertentu. Tingginya tingkat bahasa FORTRAN juga dikembangkan untuk generasi komputer. Perkembangan ini membawa komputer sangat dekat dengan manusia dan membuatnya menjadi mesin yang sangat populer.

Beberapa nama dari generasi kedua komputer IBM seri, UNIVAC III, CDC 1400 series, Honeywell dll

  • Komputer¬† Generasi Ketiga (1964-1975)

Pengembangan sirkuit terpadu adalah tonggak sejarah lain dalam sejarah komputer ilmu pengetahuan. Ini adalah teknologi elektronik mikro, di mana yang mungkin digunakan untuk mengintegrasikan sejumlah elemen sirkuit ke ukuran  yang sangat kecil (kurang dari 5 mm persegi) dari silikon dikenal sebagai Chip. Generasi ini didasarkan pada Sirkuit Terpadu (IC) teknologi dan komputer yang dirancang dengan menggunakan sirkuit terpadu yang disebut komputer generasi ketiga. Komputer-komputer ini memiliki perangkat penyimpanan yang lebih baik dan diperbaiki input / output, seperti Unit Visual Display (VDU), Magnetic Ink Character Reader (MICR) dan kecepatan tinggi baris printer. Komputer ini 10.000 kali lebih cepat daripada komputer generasi pertama dan aritmatika dan logis operasi dapat dilakukan dalam hitungan detik nano (1 nano kedua = 10-9   detik). Ini Sudah waktunya untuk kemajuan di bidang perangkat keras maupun perangkat lunak. Banyak yang menggunakan bahasa tingkat tinggi. Komputer-komputer ini menggunakan sistem operasi. Penggunaan lebih cepat , input dan output perangkat meningkatkan kemampuan komputer ini dan membuat multi- pemrograman mungkin, di mana sejumlah program dapat dieksekusi secara simultan oleh prosesor tunggal. Beberapa komputer yang populer dari generasi ini adalah IBM 360 seri, seri 370, UNIVAC, HOG seri 9000 dll.

  • Komputer¬† Generasi Keempat (1975 dan seterusnya)

Perkembangan dari chip mikroprosesor yang berisi seluruh central processing unit (CPU) pada satu chip silikon tunggal menyebabkan penemuan komputer generasi keempat. Teknologi yang digunakan dalam komputer generasi ketiga dalam bentuk Terpadu Circuit (IC) dikenal sebagai Integrasi Kecil (SSI). IC ini berisi sekitar sepuluh sampai dua puluh transistor di atasnya. Kemudian, Integrasi Skala Menengah (MSI) dikembangkan, di mana yang mungkin untuk merakit hingga ratusan transistor pada sebuah chip tunggal.  Setelah ini, datang era Skala Besar Integrasi (LSI), hal itu mungkin untuk 30.000 mengintegrasikan transistor pada sebuah chip tunggal. Upaya yang dilakukan dan sekarang adalah era dari VLSI (Integrasi Skala Sangat Besar) telah datang, di mana jutaan transistor dapat dirakit pada chip tunggal. Komputer generasi sekarang adalah komputer generasi keempat dan memanfaatkan chip VLSI. Hal ini yang menjadi dasar untuk  membuat ukuran komputer yang sangat kecil. Komputer generasi Keempat dapat disebut generasi mikrokomputer. Input / output device digunakan oleh komputer generasi keempat yang cukup maju. Perangkat ini dapat mentransfer isi CD dalam beberapa mikrodetik ke komputer.Kelebihan Komputer generasi keempat ini adalah Kecepatan penyelesaian instruksi lebih cepat dan lebih handal.

  • Komputer¬† Generasi Kelima

Sampai komputer generasi keempat, masalah utama pada perangkat keras teknologi. Meskipun komputer ini memunyai banyak kelebihan diantaranya:

  1. Kecepatan penyelesaian instruksi lebih cepat, lebih akurat, dapat diandalkan.
  2. Ukuran lebih kecil.
  3. Harga sangat murah

Tetapi dari kelebihan di atas, komputer generasi kelima juga memiliki kekurangan yaitu: tidak berpikir kekuasaan. Komputer generasi kelima akan memiliki kekuasaan dan kemampuan berpikir untuk membuat keputusan seperti manusia. Komputer generasi kelima akan lebih berguna dalam bidang pengetahuan pengolahan bukan dalam pengolahan data. Bahkan komputer generasi kelima adalah mimpi dari ilmuwan Jepang. Mereka telah mulai bekerja dalam beberapa tahun  lalu. Konsep Kecerdasan Buatan (AI) digunakan dalam komputer ini. Komputer ini memiliki Pengetahuan Sistem Informasi Pengolahan (KIPS) bukan dalam  Pengolahan Sistem Informasi data / Logika. Jepang telah memilih PROLOG  (Pemrograman dalam logika) bahasa sebagai perangkat lunak operasi dan rencana untuk memiliki akhir mesin, yang akan berbicara dengan manusia, melihat dan memberikan gambar dan mendengar manusia alam bahasa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>